Home » Skripsi Tarbiyah » Pengaruh Intensitas Menonton Televisi Terhadap Kedisiplinan Belajar di Rumah Siswa Kelas VIII MTs
Pengaruh Intensitas Menonton Televisi Terhadap Kedisiplinan Belajar di Rumah Siswa Kelas VIII MTs
Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tinggi dan seringnya anak
menonton televisi dapat mengurangi kedisiplinan belajar, salah satunya
belajar di rumah. Bahwa seringnya anak menonton televisi dapat menyita
waktu dalam belajar, khususnya belajar di rumah. Kedisiplinan belajar di
rumah salah satunya mengerjakan tugas (PR). Berdasarkan pemikiran di
atas jelaslah bahwa intensitas menonton televisi mempunyai pengaruh yang
kuat dengan kedisiplinan belajar di rumah. Kedisiplinan adalah
merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari
serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan,
kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Penelitian ini dilaksanakan di
MTs Walisongo Kayen Pati pada Siswa kelas VIII. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui : Adakah pengaruh intensitas menonton televisi
terhadap kedisiplinan belajar di rumah siswa kelas VIII MTs Walisongo
Kec. Kayen Kab. Pati tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini
menggunakan metode kuesioner, metode dokumentasi yang mana untuk
memperoleh data- data intensitas menonton televisi terhadap kedisiplinan
belajar di rumah siswa kelas VIII MTs Walisongo Kayen Pati. Populasi
dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas VIII MTs Walisongo Kayen
Pati yang berjumlah 266 siswa. Kemudian Sampel yang diambil menggunakan
probability sampling dengan proporsionate random sampling dari populasi
sehingga berjumlah 30 siswa. Dari hasil penyebaran angket intensitas
menonton televisi (X), sehingga dapat di ketahui rata-ratanya adalah
59,7. Dan rata-ratanya kedisiplinan belajar di rumah siswa (Y) adalah
49. Dilihat dari hasil analisis data pada penelitian ini diketahui bahwa
intensitas menontontelevisi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap
kedisiplinan belajar di rumah siswa kelas VIII MTs Walisongo Kec. Kayen
Kab. Pati Tahun Pelajaran 2010/2011 Freg = 6,189 > Ftabel = 4,18
pada taraf 5% dengan nilai rata- rata 59,7. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dalam penelitian ini diketahui: pertama, intensitas
menonton televisi sebesar 59,7 dalam kategori tinggi. Kedua,
kedisiplinan belajar di rumah sebesar 49 dalam kategori cukup. Ketiga,
diketahui bahwa intensitas menonton televisi berpengaruh negatif dan
signifikan terhadap kedisiplinan belajar di rumah. Maka dari itu guru
dan orang tua memberikan bimbingan belajar serta perhatian khusus
terhadap siswa dalam mengurangi intensitas menonton televisi.
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar