Pengaruh Intensitas Menonton Televisi Terhadap Kedisiplinan Belajar di Rumah Siswa Kelas VIII MTs

Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tinggi dan seringnya anak menonton televisi dapat mengurangi kedisiplinan belajar, salah satunya belajar di rumah. Bahwa seringnya anak menonton televisi dapat menyita waktu dalam belajar, khususnya belajar di rumah. Kedisiplinan belajar di rumah salah satunya mengerjakan tugas (PR). Berdasarkan pemikiran di atas jelaslah bahwa intensitas menonton televisi mempunyai pengaruh yang kuat dengan kedisiplinan belajar di rumah. Kedisiplinan adalah merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Walisongo Kayen Pati pada Siswa kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Adakah pengaruh intensitas menonton televisi terhadap kedisiplinan belajar di rumah siswa kelas VIII MTs Walisongo Kec. Kayen Kab. Pati tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner, metode dokumentasi yang mana untuk memperoleh data- data intensitas menonton televisi terhadap kedisiplinan belajar di rumah siswa kelas VIII MTs Walisongo Kayen Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas VIII MTs Walisongo Kayen Pati yang berjumlah 266 siswa. Kemudian Sampel yang diambil menggunakan probability sampling dengan proporsionate random sampling dari populasi sehingga berjumlah 30 siswa. Dari hasil penyebaran angket intensitas menonton televisi (X), sehingga dapat di ketahui rata-ratanya adalah 59,7. Dan rata-ratanya kedisiplinan belajar di rumah siswa (Y) adalah 49. Dilihat dari hasil analisis data pada penelitian ini diketahui bahwa intensitas menontontelevisi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar di rumah siswa kelas VIII MTs Walisongo Kec. Kayen Kab. Pati Tahun Pelajaran 2010/2011 Freg = 6,189 > Ftabel = 4,18 pada taraf 5% dengan nilai rata- rata 59,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini diketahui: pertama, intensitas menonton televisi sebesar 59,7 dalam kategori tinggi. Kedua, kedisiplinan belajar di rumah sebesar 49 dalam kategori cukup. Ketiga, diketahui bahwa intensitas menonton televisi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar di rumah. Maka dari itu guru dan orang tua memberikan bimbingan belajar serta perhatian khusus terhadap siswa dalam mengurangi intensitas menonton televisi.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar