Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di MTs

Diposting oleh Unknown on Kamis, 02 Oktober 2014

Peran penting kepemimpinan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru, menerapkan kualitas sekolah, dan gerak langkah suatu organisasi sekolah, dikendalikan oleh kepala sekolah. Studi dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di MTs Futuhiyyah- 1 Mranggen Demak?. (2) bagaimana kinerja guru di MTs Futuhiyah- 1 Mranggen Demak?, (3) seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di MTs Futuhiyyah- 1 Mranggen Demak?. Pembahasan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs Futuhiyyah- 1 Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai korelasional dengan teknik analisis regresi sederhan. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 23 guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket untuk memperoleh data X dan Y. instrument angket sebelum digunakan untuk memperoleh data yang obyektif., terlelih dahulu dilakukan uji validitas, reabilitas. Setelah dilakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebar angket untuk memperoleh data X dan Y. Selanjutnya hasil dari perhitungan statistik dengan koefesien korelasi dan analisis regresi., dimana terdapat korelasi yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah (X) terhadap kinerja guru (Y), hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi = 0,6748 > 0,413, pada taraf signifikan 5% ini berarti signifikan. Sementara itu = 21, 001> = 4,32 pada taraf signifikan 5%, maka dalam hal ini dapat berarti signifikan. Dengan demikian dapat diketahui ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di MTs Futuhiyyah- 1 Mranggen Demak. kepala sekolah di MTs Futuhiyyah -1 telah memenuhi standar kepala sekolah/madrasah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 13 Tahun 2007 (Tentang standar kepala sekolah/madrasah) baik kualifikasi umum maupun kualifikasi khusus serta memenuhi 5 standar kompetensi, yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, kompetensi social. mampu menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkat perencanaan, mengembangkan potensi siswa untuk mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan. Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang positif signifikan dan kuat terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 67,48%.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar