Home » Skripsi Tarbiyah » Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di MTs
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di MTs
Diposting oleh Unknown on Kamis, 02 Oktober 2014
Peran penting kepemimpinan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan
kinerja guru, menerapkan kualitas sekolah, dan gerak langkah suatu
organisasi sekolah, dikendalikan oleh kepala sekolah. Studi dimaksudkan
untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah
di MTs Futuhiyyah- 1 Mranggen Demak?. (2) bagaimana kinerja guru di MTs
Futuhiyah- 1 Mranggen Demak?, (3) seberapa besar pengaruh kepemimpinan
kepala sekolah terhadap kinerja guru di MTs Futuhiyyah- 1 Mranggen
Demak?. Pembahasan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang
dilaksanakan di MTs Futuhiyyah- 1 Mranggen Demak. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai
korelasional dengan teknik analisis regresi sederhan. Dalam penelitian
ini populasi sebanyak 23 guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan instrument angket untuk memperoleh data X dan Y. instrument
angket sebelum digunakan untuk memperoleh data yang obyektif., terlelih
dahulu dilakukan uji validitas, reabilitas. Setelah dilakukan uji
instrumen kemudian peneliti menyebar angket untuk memperoleh data X dan
Y. Selanjutnya hasil dari perhitungan statistik dengan koefesien
korelasi dan analisis regresi., dimana terdapat korelasi yang positif
antara kepemimpinan kepala sekolah (X) terhadap kinerja guru (Y), hal
ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi = 0,6748 > 0,413, pada taraf
signifikan 5% ini berarti signifikan. Sementara itu = 21, 001> =
4,32 pada taraf signifikan 5%, maka dalam hal ini dapat berarti
signifikan. Dengan demikian dapat diketahui ada pengaruh yang signifikan
antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di MTs
Futuhiyyah- 1 Mranggen Demak. kepala sekolah di MTs Futuhiyyah -1 telah
memenuhi standar kepala sekolah/madrasah sesuai dengan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional No 13 Tahun 2007 (Tentang standar kepala
sekolah/madrasah) baik kualifikasi umum maupun kualifikasi khusus serta
memenuhi 5 standar kompetensi, yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi
manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, kompetensi
social. mampu menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkat
perencanaan, mengembangkan potensi siswa untuk mengembangkan madrasah
sesuai dengan kebutuhan. Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh
yang positif signifikan dan kuat terhadap kinerja guru dengan
kontribusi sebesar 67,48%.
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar