Analisis Materi pada Buku Teks Matematika Kelas VIII MTs/SMP Terbitan Yudhistira Tahun 2007

Diposting oleh Unknown on Kamis, 02 Oktober 2014

Skripsi ini membahas sajian materi pada buku teks matematika SMP/MTs kelas VIII terbitan Yudhistira. Kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya sekolah yang menggunakan buku teks terbitan Yudhistira karangan Samsul Hadi sebagai sumber belajar. Namun berdasarkan hasil survey dengan guru yang menggunakan buku teks ini bahwa ada beberapa kekurangan dalam materi di buku teks matematika ini. Penelitian ini adalah penelitian analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam bentuk tulisan. Penelitian ini dilakkukan untuk mengetahui kondisi materi buku teks matematika yang digunakan SMP/MTs terbitan Yudhistira sesuai dengan standar buku yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Analisis yang digunakan yaitu kajian mendalam terhadap buku teks yang diteliti. Dari data tersebut diperoleh hasil bahwa sajian materi pada aspek kelengkapan materi sudah baik (sesuai dengan standar kompetensi); aspek akurasi terdapat 1 penjelasan yang tidak akurat pada Bab ke III, 1 contoh soal yang kurang akurat, dan 10 latihan soal yang tidak akurat; aspek penalaran terdapat 12 soal yang mengandung pembuktian; Aspek pemecahan masalah terdapat soal yang kontekstual sehingga peserta didik termotivasi untuk menyelesaikannya; pada aspek komunikasi bahasa yang digunakan komunikatif dan menganjurkan untuk berdiskusi, namun tidak ditemukan bahan refleksi. Pada aspek koneksi hanya terdapat hubungan matematika dengan hal yang bersifat kontekstual namun mengesampingkan koneksi antara ilmu matematika dengan ilmu yang lain. Pada aspek penyampaian, penjelasan yang digunakan disertai dengan adanya tabel ilustrasi dan grafik. Secara umum materi yang disajikan dalam buku Yudhistira karangan Samsul Hadi ini sudah baik namun banyak kekurangan yang terdapat pada koneksi terhadap ilmu lain, penggunaan alat peraga, serta kurangnya bahan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan guru untuk menggunakan lebih dari satu buku sebagai sumber belajar, serta meninjau kembali buku yang digunakan dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajaran peserta didik menjadi optimal.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar