Home » Skripsi Tarbiyah » Analisis Materi pada Buku Teks Matematika Kelas VIII MTs/SMP Terbitan Yudhistira Tahun 2007
Analisis Materi pada Buku Teks Matematika Kelas VIII MTs/SMP Terbitan Yudhistira Tahun 2007
Diposting oleh Unknown on Kamis, 02 Oktober 2014
Skripsi ini membahas sajian materi pada buku teks matematika SMP/MTs
kelas VIII terbitan Yudhistira. Kajiannya dilatarbelakangi oleh
banyaknya sekolah yang menggunakan buku teks terbitan Yudhistira
karangan Samsul Hadi sebagai sumber belajar. Namun berdasarkan hasil
survey dengan guru yang menggunakan buku teks ini bahwa ada beberapa
kekurangan dalam materi di buku teks matematika ini. Penelitian ini
adalah penelitian analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis
isi (content analysis) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap
informasi yang didokumentasikan dalam bentuk tulisan. Penelitian ini
dilakkukan untuk mengetahui kondisi materi buku teks matematika yang
digunakan SMP/MTs terbitan Yudhistira sesuai dengan standar buku yang
telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Analisis
yang digunakan yaitu kajian mendalam terhadap buku teks yang diteliti.
Dari data tersebut diperoleh hasil bahwa sajian materi pada aspek
kelengkapan materi sudah baik (sesuai dengan standar kompetensi); aspek
akurasi terdapat 1 penjelasan yang tidak akurat pada Bab ke III, 1
contoh soal yang kurang akurat, dan 10 latihan soal yang tidak akurat;
aspek penalaran terdapat 12 soal yang mengandung pembuktian; Aspek
pemecahan masalah terdapat soal yang kontekstual sehingga peserta didik
termotivasi untuk menyelesaikannya; pada aspek komunikasi bahasa yang
digunakan komunikatif dan menganjurkan untuk berdiskusi, namun tidak
ditemukan bahan refleksi. Pada aspek koneksi hanya terdapat hubungan
matematika dengan hal yang bersifat kontekstual namun mengesampingkan
koneksi antara ilmu matematika dengan ilmu yang lain. Pada aspek
penyampaian, penjelasan yang digunakan disertai dengan adanya tabel
ilustrasi dan grafik. Secara umum materi yang disajikan dalam buku
Yudhistira karangan Samsul Hadi ini sudah baik namun banyak kekurangan
yang terdapat pada koneksi terhadap ilmu lain, penggunaan alat peraga,
serta kurangnya bahan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
disarankan guru untuk menggunakan lebih dari satu buku sebagai sumber
belajar, serta meninjau kembali buku yang digunakan dalam proses belajar
mengajar sehingga pembelajaran peserta didik menjadi optimal.
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar