Home » Skripsi Tarbiyah » Analisis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Mata Pelajaran Matematika
Analisis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Mata Pelajaran Matematika
Diposting oleh Unknown on Kamis, 02 Oktober 2014
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan standar penilaian
pendidikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam mata
pelajaran matematika dan kendala-kendala yang dialama guru dalam
menerapkan KTSP di MA Asy-syafiiyah Jatibarang - Brebes. Kajiannya
dilatar belakangi oleh masih banyaknya hasil belajar matematika peserta
didik yang di bawah KKM di MA Asy-syafiiyah Jatibarang - Brebes dan
terendah di daerah sekitarnya. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah
penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan metode dokumentasi,
angket, dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan
standar penilaian untuk sekolah di MA Asy-syafiiyah sudah berjalan
dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil angket untuk Kepala Sekolah
dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang memperoleh skor 86 dari
skor maksimal 88 atau sebesar 97,73% yang berarti pelaksanaan sudah
dilaksanakan dengan sangat baik. Sedangkan pelaksanaan KTSP tentang
penilaian dalam mata pelajaran matematika di MA Asy-syafiiyah masih ada
kendala. Kendala yang sangat dirasakan adalah keanekaragaman kemampuan
peserta didik pada ranah kognitif, ranah psikomotorik, maupun ranah
afektif. Berdasarkan hasil angket pelaksanaan standar penilaian yang
disebarkan untuk guru dan peserta didik, diperoleh skor 85 dari skor
maksimal 108 atau sebesar 78,7% untuk guru, sedangkan untuk peserta
didik diperoleh skor 1464 dari skor maksimal 1760 atau sebesar 83,18%.
Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan standar
penilaian untuk pelajaran matematika di MA Asy-syafiiyah Jatibarang
sudah berjalan dengan baik. Meskipun hasil angket yang diperoleh
berbeda antara guru dan peserta didik. Untuk standar penilaian yang
masih Jarang dilakukan oleh guru matematika adalah Penilaian aspek
psikomotor peserta didik, mendokumentasikan hasil penilaian, perencanaan
dan pemilihan teknik penilaian saat menyusun silabus, menginformasikan
silabus kepada siswa, dan pemberitahuan tentang prosedur dan pengambilan
keputusan kepada siswa Berdasarkan studi dokumentasi dapat dilihat
bahwa di dalam silabus tidak terdapat contoh instrumen untuk setiap
kompetensi dasar. Dan jika dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) hanya terdapat contoh instrumen penilaian dari aspek kognitif
saja sedangkan aspek psikomotorik dan afektif belum dicantumkan. Jadi,
berdasarkan hasil angket dan wawancara penilaian di MA asy-syafiiyah
sudah berjalan dengan cukup baik meskipun ada sedikit kekurangan dalam
RPP dan Silabus
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar