Home » Skripsi Tarbiyah » Efektivitas Penggunaan Metode Learning Starts With A Question Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Semester II pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs
Efektivitas Penggunaan Metode Learning Starts With A Question Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Semester II pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs
Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik
manakah yang lebih efektif antara yang diajar menggunakan metode
learning starts with a question dan yang diajar menggunakan metode
konvensional di kelas VII semester II pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MTs Al-Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2010-2011.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian eksperimen yakni
penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu
terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Eksperimen ini
menggunakan rancangan posttest-only control design, yaitu mengukur dan
membandingkan kedua sampel setelah diberikan perlakuan. Peneliti
menggunakan kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 36
peserta didik dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 36
peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan Claster random
Sampling, sistem pengkelasan karena sampel sudah terdiri dari
kelas-kelas tetapi dalam penentuannya dilakukan dengan acak. Setelah
dilakukan analisis data, motivasi belajar peserta didik yang diajar
menggunakan metode konvensional berada dalam kategori cukup. Hal ini
diketahui dengan melihat nilai mean dari variable tersebut yaitu sebesar
42,06 terletak pada interval 40 - 43. Sedangkan motivasi belajar
peserta didik yang diajar menggunakan metode learning starts with a
question berada dalam keadaan cukup karena mean dari variable tersebut
adalah sebesar 45, 42 terletak pada interval 44- 47 yang berkategorikan
bernilai cukup. Adapun Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai
thitung sebesar 5,045 > ttabel (5%) = 2,00 dan ttabel (1%) = 2,65.
Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka hipotesis yang peneliti
ajukan diterima, yaitu motivasi belajar peserta didik yang diajar
menggunakan metode learning starts with a question lebih baik dari pada
yang diajar menggunakan metode konvensional di kelas VII semester II
pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar