Efektivitas Penggunaan Metode Learning Starts With A Question Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Semester II pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs

Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik manakah yang lebih efektif antara yang diajar menggunakan metode learning starts with a question dan yang diajar menggunakan metode konvensional di kelas VII semester II pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Irsyad Gajah Demak tahun ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian eksperimen yakni penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Eksperimen ini menggunakan rancangan posttest-only control design, yaitu mengukur dan membandingkan kedua sampel setelah diberikan perlakuan. Peneliti menggunakan kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 36 peserta didik dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 36 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan Claster random Sampling, sistem pengkelasan karena sampel sudah terdiri dari kelas-kelas tetapi dalam penentuannya dilakukan dengan acak. Setelah dilakukan analisis data, motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional berada dalam kategori cukup. Hal ini diketahui dengan melihat nilai mean dari variable tersebut yaitu sebesar 42,06 terletak pada interval 40 - 43. Sedangkan motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode learning starts with a question berada dalam keadaan cukup karena mean dari variable tersebut adalah sebesar 45, 42 terletak pada interval 44- 47 yang berkategorikan bernilai cukup. Adapun Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,045 > ttabel (5%) = 2,00 dan ttabel (1%) = 2,65. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima, yaitu motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode learning starts with a question lebih baik dari pada yang diajar menggunakan metode konvensional di kelas VII semester II pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar