Home » Skripsi Tarbiyah » Pendidikan Perilaku Sosial Muslim dalam Perspektif Al Quran Surat Al Baqarah Ayat 44-46
Pendidikan Perilaku Sosial Muslim dalam Perspektif Al Quran Surat Al Baqarah Ayat 44-46
Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014
Skripsi ini membahas tentang studi analisis mengenai pendidikan perilaku
sosial muslim dalam pandangan Q.S. Al Baqarah ayat 44-46. Kajiannya
dilatarbelakangi dengan banyaknya nilai-nilai pendidikan sosial yang
tidak terwujud dalam kehidupan sehari-hari atau dalam system social
kita. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana
konsep pendidikan perilaku sosial muslim dalam perspektif Q.S. Al
Baqarahayat 44-46 ? (2) Bagaimana implementasi Q.S.Al Baqarah ayat 44-46
terhadap pendidikan perilaku sosial muslim ?. Permasalahan tersebut
dibahas dengan melalui studi analisis data dengan menggunakan metode
tahlili (analitik), yaitu dengan menjelaskan kandungan ayat al quran
dari seluruh aspeknya. Baik yang berkaitan dengan asbabun nuzul,
penafsiran, yang masih relevan dengan pokok pembahasan. Dan juga metode
tafsir muqorin (komparatif) yaitu tafsir yang membandingkan antara ayat
satu dengan yang lainnya, dengan al hadits, dan juga dengan
ucapan-ucapan ahli tafsir Rumusan jawaban dari Bagaimana konsep
pendidikan perilaku social muslim dalam perspektif Q.S. Al Baqarah ayat
44-46 adalah: pendidikan perilaku social adalah pendidikan yang didasari
dengan perilaku-perilaku positif kaitannya dengan adanya interaksi
antar sesame dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, adanya pendidikan
perilaku social ini dimaksudkan agar kiranya manusia selalu bersikap
sesuai dengan tuntunan al Quran dan sunnah. Adapun implementasi konsep
Q.S. Al Baqarah ayat 44-46 terhadap pendidikan perilaku sosial muslim.
Terdapat banyak sekali nilai-nilai pendidikan perilaku sosial muslim di
antaranya adalah: (1) adanya tuntutan untuk melakukan amar maruf nahi
munkar, adanya dorongan untuk menjalin tali persaudaraan antara sesama
muslim, anjuran untuk selalu bersabar dalam menerima cobaan, serta
tuntutan untuk melakukan sholat dengan khusyu. (2) pembentukan karakter
insane kamil yang didasari dengan perilaku positif, serta mampu
mengaktualisasikannya dalam kehidupan seharihari, terutama dalam
berinteraksi kepadaTuhan (hablum min Allah) dan antar sesama manusia
(hablum minal nas). (3) Pendidikan perilaku sosial dapat ditanamkan
dalam diri anak sejak usia dini oleh orang tua dan lingkungan sekitar
dalam membentuk pribadi yang berakhlakqul karimah.
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar