Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Kedisiplinan Guru Madrasah Diniyah Terhadap Minat Menyekolahkan Anaknya ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah Dusun

Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014

Skripsi ini membahas persepsi masyarakat tentang kedisiplinan guru Madrasah Diniyah dan minat masyarakat menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah. Kajianya dilatarbelakangi oleh fenomena di masyarakat yang masih antusias menyekolahkan anak ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah ditengah realita masyarakat yang mengedepankan pendidikan umum bagi anaknya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana Persepsi masyarakat Dusun Ronggosari tentang kedisiplinan guru Madrasah Diniyah Al-Ishlah? 2) Bagaimana Minat masyarakat Dusun Ronggosari menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah? 3) Adakah pengaruh persepsi masyarakat tentang kedisiplinan guru Madrasah Diniyah terhadap minat menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah Dusun Ronggosari? Permasalahan di atas dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Dusun Ronggosari, Kepala keluarga Masyarakat Dusun Ronggosari di jadikan sumber data untuk mengetahui persepsi masyarakat pada kedisiplinan guru madrasah diniyah dan minat masyarakat menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Al- Ishlah. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen yang berupa angket, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh melalui instrumen angket di analisis dengan menggunakan analisis regresi. Kajian ini menunjukkan bahwa : 1) Hasil perhitungan persepsi masyarakat Dusun Ronggosari tentang kedisiplinan Guru Madrasah Diniyah, diperoleh nilai dalam tingkat cukup. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 85,12 yang terletak pada interval 80-88. 2) Hasil perhitungan minat masyarakat Dusun Ronggosari menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah termasuk kategori cukup. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 86,62 yang terletak pada interval 82-90. 3) Ada pengaruh yang signifikan dan positif antara persepsi masyarakat tentang kedisiplinan guru Madrasah Diniyah terhadap minat menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah Dusun Ronggosari Desa Kebonbatur Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Freg sebesar 60,402. Setelah dicocokkan dengan Ftabel taraf 1% sebesar 7,50 sedangkan Ftabel pada taraf signifikan 5% sebesar 4,15. Karena Freg > Ftabel(1%) > Ftabel(5%) atau (60,402 > 7,50 > 4,15) maka signifikan, dengan persamaan garis regresi Y= 36,576 + 0,588X. Dengan demikian hipotesis yang di ajukan diterima. Hasil temuan tersebut memberikan acuan untuk lembaga pendidikan islam khususnya Madrasah Diniyah untuk lebih bisa meningkatkan kualitas tenaga pendidik untuk selalu disiplin dan sebagai acuan untuk masyarakat dalam memilih lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat tenaga pengajar yang disiplin.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar