Home » Skripsi Tarbiyah » Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Kedisiplinan Guru Madrasah Diniyah Terhadap Minat Menyekolahkan Anaknya ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah Dusun
Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Kedisiplinan Guru Madrasah Diniyah Terhadap Minat Menyekolahkan Anaknya ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah Dusun
Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014
Skripsi ini membahas persepsi masyarakat tentang kedisiplinan guru
Madrasah Diniyah dan minat masyarakat menyekolahkan anaknya ke Madrasah
Diniyah Al-Ishlah. Kajianya dilatarbelakangi oleh fenomena di masyarakat
yang masih antusias menyekolahkan anak ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah
ditengah realita masyarakat yang mengedepankan pendidikan umum bagi
anaknya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1)
Bagaimana Persepsi masyarakat Dusun Ronggosari tentang kedisiplinan guru
Madrasah Diniyah Al-Ishlah? 2) Bagaimana Minat masyarakat Dusun
Ronggosari menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah? 3)
Adakah pengaruh persepsi masyarakat tentang kedisiplinan guru Madrasah
Diniyah terhadap minat menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah
Al-Ishlah Dusun Ronggosari? Permasalahan di atas dibahas melalui studi
lapangan yang dilaksanakan di Dusun Ronggosari, Kepala keluarga
Masyarakat Dusun Ronggosari di jadikan sumber data untuk mengetahui
persepsi masyarakat pada kedisiplinan guru madrasah diniyah dan minat
masyarakat menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Al- Ishlah. Data
diperoleh dengan menggunakan instrumen yang berupa angket, dokumentasi
dan wawancara. Data yang diperoleh melalui instrumen angket di analisis
dengan menggunakan analisis regresi. Kajian ini menunjukkan bahwa : 1)
Hasil perhitungan persepsi masyarakat Dusun Ronggosari tentang
kedisiplinan Guru Madrasah Diniyah, diperoleh nilai dalam tingkat cukup.
Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 85,12 yang terletak
pada interval 80-88. 2) Hasil perhitungan minat masyarakat Dusun
Ronggosari menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Al-Ishlah termasuk
kategori cukup. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 86,62 yang
terletak pada interval 82-90. 3) Ada pengaruh yang signifikan dan
positif antara persepsi masyarakat tentang kedisiplinan guru Madrasah
Diniyah terhadap minat menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah
Al-Ishlah Dusun Ronggosari Desa Kebonbatur Kecamatan Mranggen Kabupaten
Demak. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Freg sebesar 60,402. Setelah
dicocokkan dengan Ftabel taraf 1% sebesar 7,50 sedangkan Ftabel pada
taraf signifikan 5% sebesar 4,15. Karena Freg > Ftabel(1%) >
Ftabel(5%) atau (60,402 > 7,50 > 4,15) maka signifikan, dengan
persamaan garis regresi Y= 36,576 + 0,588X. Dengan demikian hipotesis
yang di ajukan diterima. Hasil temuan tersebut memberikan acuan untuk
lembaga pendidikan islam khususnya Madrasah Diniyah untuk lebih bisa
meningkatkan kualitas tenaga pendidik untuk selalu disiplin dan sebagai
acuan untuk masyarakat dalam memilih lembaga pendidikan yang di dalamnya
terdapat tenaga pengajar yang disiplin.
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar