Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru dalam Membuat Variasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA

Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Bagaimana persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA N 11 Semarang tahun ajaran 2010/2011. 2. Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI dalam bidang setudi pendidikan agama Islam di SMA N 11 Semarang tahun ajaran 2010/2011. 3. Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA N 11 Semarang tahun 2010/2011? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Subyek penelitian sebanyak 42 responden, yang terdiri atas kelas XI SMA N 11 Semarang, menggunakan teknik Random Sampling. Adapun metode pengumpulan data menggunakan: metode angket, metode dokumentasi, metode observasi dan metode interview. Data penelitian yang terkumpul dianalisis. Pengujian hipotesis penelitian dengan analisis regresi satu prediktor dan korelasi. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa: setelah melakukan uji coba angket yang berjumlah 63 soal yang terdiri dari 38 soal untuk kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan 25 soal untuk motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 11 Semarang pada mata pelajaran pendidikan agama islam maka diperoleh 43 soal yang dinyatakan valid dan reliabel yang terdiri dari 23 soal untuk kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan 20 soal untuk motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 11 Semarang pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Dari masing-masing variabel diambil 20 item soal yang valid dan instrumen tersebut dibagikan kepada 42 responden. Hasil penelitian menunujukan Dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N-2 = 40 diperoleh Ftabel sebesar 4, 08 sedang Freg sebesar 18, 827. Jika dibandingkan keduanya Freg = 18, 827 > Ftabel ( 0,05 ; 1, 40) = 4, 08 dengan demikian bahwa variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan agama Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 11 Semarang pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Kemudian pada taraf signifikansi 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N-2 = 40 diperoleh Ftabel sebesar 7, 31 sedang Freg sebesar 18, 827. Jika dibandingkan keduanya Freg = 18, 827 > Ftabel ( 0,01 ; 1, 40) = 7, 31 dengan demikian bahwa variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan agama Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 11 Semarang pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan variabel motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 11 Semarang pada taraf signifikansi 0, 01 dan 0, 05 keduanya menunjukan signifikan, berarti variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan agama Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 11 Semarang pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar