Home » Skripsi Tarbiyah » Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru dalam Membuat Variasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA
Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru dalam Membuat Variasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA
Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Bagaimana persepsi siswa
tentang kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan
agama Islam di SMA N 11 Semarang tahun ajaran 2010/2011. 2. Bagaimana
motivasi belajar siswa kelas XI dalam bidang setudi pendidikan agama
Islam di SMA N 11 Semarang tahun ajaran 2010/2011. 3. Apakah ada
pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam membuat variasi
pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar siswa
kelas XI di SMA N 11 Semarang tahun 2010/2011? Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif
kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
survei dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Subyek
penelitian sebanyak 42 responden, yang terdiri atas kelas XI SMA N 11
Semarang, menggunakan teknik Random Sampling. Adapun metode pengumpulan
data menggunakan: metode angket, metode dokumentasi, metode observasi
dan metode interview. Data penelitian yang terkumpul dianalisis.
Pengujian hipotesis penelitian dengan analisis regresi satu prediktor
dan korelasi. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa: setelah melakukan
uji coba angket yang berjumlah 63 soal yang terdiri dari 38 soal untuk
kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan agama Islam
dan 25 soal untuk motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 11 Semarang
pada mata pelajaran pendidikan agama islam maka diperoleh 43 soal yang
dinyatakan valid dan reliabel yang terdiri dari 23 soal untuk kemampuan
guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan 20
soal untuk motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 11 Semarang pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam. Dari masing-masing variabel diambil 20
item soal yang valid dan instrumen tersebut dibagikan kepada 42
responden. Hasil penelitian menunujukan Dengan taraf signifikansi 5% dk
pembilang 1 dan dk penyebut = N-2 = 40 diperoleh Ftabel sebesar 4, 08
sedang Freg sebesar 18, 827. Jika dibandingkan keduanya Freg = 18, 827
> Ftabel ( 0,05 ; 1, 40) = 4, 08 dengan demikian bahwa variabel
persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran
pendidikan agama Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap
motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 11 Semarang pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam. Kemudian pada taraf signifikansi 1% dk pembilang
1 dan dk penyebut = N-2 = 40 diperoleh Ftabel sebesar 7, 31 sedang Freg
sebesar 18, 827. Jika dibandingkan keduanya Freg = 18, 827 > Ftabel (
0,01 ; 1, 40) = 7, 31 dengan demikian bahwa variabel persepsi siswa
tentang kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan
agama Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar
siswa kelas XI SMA N 11 Semarang pada mata pelajaran pendidikan agama
Islam. Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel persepsi siswa
tentang kemampuan guru dalam membuat variasi pembelajaran pendidikan
agama Islam dan variabel motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 11
Semarang pada taraf signifikansi 0, 01 dan 0, 05 keduanya menunjukan
signifikan, berarti variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam
membuat variasi pembelajaran pendidikan agama Islam berpengaruh positif
dan signifikan terhadap variabel motivasi belajar siswa kelas XI SMA N
11 Semarang pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar