Home » Skripsi Tarbiyah » Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlaq Bagi Peserta Didik Kelas VIII di MTs
Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlaq Bagi Peserta Didik Kelas VIII di MTs
Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014
Skripsi ini membahas Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi
Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlaq Bagi Peserta
Didik di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011.
Kajian ini dilatar belakangi oleh perbedaan persepsi peserta didik
tentang kompetensi kepribadian guru yang mempengaruhi motivasi belajar
Akidah Akhlaq peserta didik, studi ini dimaksudkan untuk menjawab
permasalahan: 1. Bagaimana persepsi peserta didik kelas VIII tentang
kompetensi kepribadian guru di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong Jepara Tahun
Pelajaran 2010/2011 (X)?; 2. Bagaimana motivasi belajar Akidah Akhlaq
peserta didik kelas VIII di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong Jepara Tahun
Pelajaran 2010/2011 (Y)?; 3. Apakah ada pengaruh persepsi peserta didik
tentang kompetensi kepribadian guru (X) terhadap motivasi belajar Akidah
Akhlaq (Y) bagi peserta didik kelas VIII di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong
Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011? Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan menggunakan metode survei korelasional dengan teknik
analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
ini menggunakan teknik stratified sample. Sampel dalam penelitian ini
diambil 25% dari jumlah populasi yaitu 109 peserta didik, sehingga
sampel dalam penelitian ini sebanyak 27 peserta didik. Pengumpulan data
menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X dan Y. Instrumen
angket sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih
dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabitas. Kesimpulan dari
penelitian ini meliputi: pertama, persepsi peserta didik tentang
kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlaq kelas VIII di MTs Hasan Al-
Kafrawi Mayong Jepara menunjukkan perolehan rata-rata (mean) sebesar
33,78 pada interval 32-35 ini berarti persepsi peserta didik tentang
kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlaq kelas VIII di MTs Hasan
Al-Kafrawi Mayong Jepara tahun pelajaran 2010/2011 memiliki kategori
sedang. Kedua, motivasi belajar Akidah Akhlaq peserta didik menunjukkan
perolehan rata-rata sebesar 35,44 pada interval 33-37, ini berarti
motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong
Jepara tahun pelajaran 2010/2011 memiliki kategori sedang. vii Ketiga,
ada pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang
kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlaq terhadap motivasi belajar
Akidah Akhlaq bagi peserta didik kelas VIII di MTs Hasan Al-Kafrawi
Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011 berdasarkan dari perhitungan
statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana
terdapat korelasi yang positif antara persepsi peserta didik tentang
kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlaq (X) terhadap motivasi belajar
Akidah Akhlaq peserta didik (Y) kelas VIII di MTs Hasan Al- Kafrawi
Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan oleh
koefisien korelasi xy r = 0,556 > rtabel 5% = 0,3809, ini berarti
signifikan. Sementara dari perhitungan Freg = 11,165 > Ftabel 5% =
4,24 dan Freg = 11,165 > Ftabel 1% = 7,77. dengan Freg > Ftabel 5%
dan 1% berarti signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberi manfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi MTs Hasan
Al-Kafrawi Mayong Jepara dan para guru, seyogyanya dapat memberikan
motivasi peserta didik sehingga dapat berprestasi. Hasil penelitian akan
memberikan masukan kepada Mahasiswa di Fakultas Tarbiyah untuk menambah
bahan pustaka, dan sebagai salah satu bahan informasi ilmiah bagi para
mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Tarbiyah sebagai calon pendidik
yang nantinya akan membimbing putra-putrinya sebagai anak yang mempunyai
motivasi belajar yang baik dan berprestasi.
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar