Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlaq Bagi Peserta Didik Kelas VIII di MTs

Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014

Skripsi ini membahas Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlaq Bagi Peserta Didik di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011. Kajian ini dilatar belakangi oleh perbedaan persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru yang mempengaruhi motivasi belajar Akidah Akhlaq peserta didik, studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1. Bagaimana persepsi peserta didik kelas VIII tentang kompetensi kepribadian guru di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011 (X)?; 2. Bagaimana motivasi belajar Akidah Akhlaq peserta didik kelas VIII di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011 (Y)?; 3. Apakah ada pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru (X) terhadap motivasi belajar Akidah Akhlaq (Y) bagi peserta didik kelas VIII di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei korelasional dengan teknik analisis regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified sample. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi yaitu 109 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 27 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X dan Y. Instrumen angket sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabitas. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: pertama, persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlaq kelas VIII di MTs Hasan Al- Kafrawi Mayong Jepara menunjukkan perolehan rata-rata (mean) sebesar 33,78 pada interval 32-35 ini berarti persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlaq kelas VIII di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong Jepara tahun pelajaran 2010/2011 memiliki kategori sedang. Kedua, motivasi belajar Akidah Akhlaq peserta didik menunjukkan perolehan rata-rata sebesar 35,44 pada interval 33-37, ini berarti motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong Jepara tahun pelajaran 2010/2011 memiliki kategori sedang. vii Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlaq terhadap motivasi belajar Akidah Akhlaq bagi peserta didik kelas VIII di MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011 berdasarkan dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlaq (X) terhadap motivasi belajar Akidah Akhlaq peserta didik (Y) kelas VIII di MTs Hasan Al- Kafrawi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi xy r = 0,556 > rtabel 5% = 0,3809, ini berarti signifikan. Sementara dari perhitungan Freg = 11,165 > Ftabel 5% = 4,24 dan Freg = 11,165 > Ftabel 1% = 7,77. dengan Freg > Ftabel 5% dan 1% berarti signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi MTs Hasan Al-Kafrawi Mayong Jepara dan para guru, seyogyanya dapat memberikan motivasi peserta didik sehingga dapat berprestasi. Hasil penelitian akan memberikan masukan kepada Mahasiswa di Fakultas Tarbiyah untuk menambah bahan pustaka, dan sebagai salah satu bahan informasi ilmiah bagi para mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Tarbiyah sebagai calon pendidik yang nantinya akan membimbing putra-putrinya sebagai anak yang mempunyai motivasi belajar yang baik dan berprestasi.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar