Home » Skripsi Tarbiyah » roblematika Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran PAI (Studi pada Proses Belajar Mengajar Kelas IX di SMP IT
roblematika Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran PAI (Studi pada Proses Belajar Mengajar Kelas IX di SMP IT
Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana
Penetapan KKM mata pelajaran rumpun PAI dalam proses belajar mengajar
(PBM) di kelas IX SMP IT Amtsilati Bangsri Jepara? (2) Apa problematika
pencapaian KKM mata pelajaran PAI dalam proses belajar mengajar di kelas
IX SMP IT Amtsilati Bangsri Jepara? Permasalahan tersebut dibahas
melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP IT Amtsilati Bangsri
Jepara pada peserta didik kelas IX. SMP IT Amtsilati itu sebagai sumber
data untuk mendapatkan data mengenai problematika pencapaian KKM mapel
PAI. Datanya diperoleh dengan cara Wawancara terstruktur dan tidak
terstruktur, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Semua data
dianalisis dengan pendekatan Triangulasi. Kajian ini menunjukkan bahwa
Problematika Pencapaian KKM mapel PAI Kelas IX di SMP IT Amtsilati
Bangsri Jepara diantaranya adalah: (1) Problematika pencapaian KKM mapel
PAI kelas IX di SMP IT Amtsilati yang berkaitan dengan proses penetapan
KKM Mapel PAI. Dalam problem proses penetapan KKM Mapel PAI ini
ditemukannya bahwa guru masih merasa kebingungan dalam penetapan
komponen kriteria KKM, yang berupa intake peserta didik. Kondisi ini
disebabkan karena tidak stabilnya kondisi peserta didik di SMP IT
Amtsilati, antara yang masih Amtsilati dengan yang pasca Amtsilati. (2)
Problematika pencapaian KKM mapel PAI kelas IX di SMP IT Amtsilati yang
berkaitan dengan proses belajar mengajar mapel PAI. Dalam problem proses
belajar ini terletak pada Pendahuluan, pendahuluan kegiatan belajar
mengajar, problem yang dihadapi adalah tidak terkendalinya guru dalam
bercerita, sehingga waktu yang seharusnya untuk kegiatan inti
pembelajaran lebih banyak, maka menjadi berkurang untuk kegiatan
pembukaan. Metode pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran adalah
kurang tepatnya oleh guru mapel PAI. Sumber Belajar, sumber belajar yang
digunakan masih terbatas, yang masih mengandalkan indra visual.
Evaluasi, Di kegiatan penilaian, penilaian yang masih sebatas penilaian
penguasaan materi saja, sehingga kompetensi yang dicapai hanya terbatas
pada ranah kognitif saja. (3) Problematika pencapaian KKM mapel PAI
kelas IX di SMP IT Amtsilati yang berkaitan dengan pengurangan jam
pembelajaran PAI. Problem ini bisa dilihat pada perbedaan peserta didik
antara peserta didik yang masih Amtsilati dengan yang pasca Amtsilat.
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar