roblematika Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran PAI (Studi pada Proses Belajar Mengajar Kelas IX di SMP IT

Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014

Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Penetapan KKM mata pelajaran rumpun PAI dalam proses belajar mengajar (PBM) di kelas IX SMP IT Amtsilati Bangsri Jepara? (2) Apa problematika pencapaian KKM mata pelajaran PAI dalam proses belajar mengajar di kelas IX SMP IT Amtsilati Bangsri Jepara? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP IT Amtsilati Bangsri Jepara pada peserta didik kelas IX. SMP IT Amtsilati itu sebagai sumber data untuk mendapatkan data mengenai problematika pencapaian KKM mapel PAI. Datanya diperoleh dengan cara Wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan Triangulasi. Kajian ini menunjukkan bahwa Problematika Pencapaian KKM mapel PAI Kelas IX di SMP IT Amtsilati Bangsri Jepara diantaranya adalah: (1) Problematika pencapaian KKM mapel PAI kelas IX di SMP IT Amtsilati yang berkaitan dengan proses penetapan KKM Mapel PAI. Dalam problem proses penetapan KKM Mapel PAI ini ditemukannya bahwa guru masih merasa kebingungan dalam penetapan komponen kriteria KKM, yang berupa intake peserta didik. Kondisi ini disebabkan karena tidak stabilnya kondisi peserta didik di SMP IT Amtsilati, antara yang masih Amtsilati dengan yang pasca Amtsilati. (2) Problematika pencapaian KKM mapel PAI kelas IX di SMP IT Amtsilati yang berkaitan dengan proses belajar mengajar mapel PAI. Dalam problem proses belajar ini terletak pada Pendahuluan, pendahuluan kegiatan belajar mengajar, problem yang dihadapi adalah tidak terkendalinya guru dalam bercerita, sehingga waktu yang seharusnya untuk kegiatan inti pembelajaran lebih banyak, maka menjadi berkurang untuk kegiatan pembukaan. Metode pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran adalah kurang tepatnya oleh guru mapel PAI. Sumber Belajar, sumber belajar yang digunakan masih terbatas, yang masih mengandalkan indra visual. Evaluasi, Di kegiatan penilaian, penilaian yang masih sebatas penilaian penguasaan materi saja, sehingga kompetensi yang dicapai hanya terbatas pada ranah kognitif saja. (3) Problematika pencapaian KKM mapel PAI kelas IX di SMP IT Amtsilati yang berkaitan dengan pengurangan jam pembelajaran PAI. Problem ini bisa dilihat pada perbedaan peserta didik antara peserta didik yang masih Amtsilati dengan yang pasca Amtsilat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar