Home »Unlabelled » Efektivitas Implementasi Pembelajaran Model Problem Based Learning (Pbl) Diintegrasikan Dengan Predict – Observe – Explain (Poe) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kemampuan Inferensi Siswa (Studi Pembelajaran Biologi Materi
Efektivitas Implementasi Pembelajaran Model Problem Based Learning (Pbl) Diintegrasikan Dengan Predict – Observe – Explain (Poe) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kemampuan Inferensi Siswa (Studi Pembelajaran Biologi Materi
Diposting oleh Unknown on Jumat, 12 Desember 2014
Tujuan Penelitian Ini Untuk Mengetahui Pengaruh Pembelajaran Model Pbl,
Model Poe Dan Integrasi Model Pbl-Poe Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau
Dari Kreativitas Dan Kemampuan Inferensi Siswa.
Penelitian Ini Menggunakan Metode Eksperimen Dengan Desain Faktorial
3x2x2. Populasi Penelitian Adalah Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1
Bojonegoro. Sampel Penelitian Ditentukan Secara Acak Dengan Teknik
Cluster Random Sampling Tahun Pelajaran 2013/2014 Terdiri Dari Tiga
Kelas. Kelas Eksperimen I Menggunakan Model Pbl Terdiri Dari 32 Siswa,
Kelas Eksperimen Ii Menggunakan Model Poe Terdiri Dari 32 Siswa Dan
Kelas Eksperimen Iii Menggunakan Integrasi Model Pbl-Poe Terdiri Dari 32
Siswa. Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Tes Untuk Hasil Belajar
Kognitif, Angket Untuk Hasil Belajar Afektif, Psikomotor, Kreativitas
Dan Kemampuan Inferensi. Uji Hipotesis Penelitian Menggunakan Anova Tiga
Jalan Sel Tidak Sama Dengan Bantuan Software Spss 18.
Hasil Penelitian Didapatkan Bahwa: (1) Ada Pengaruh Integrasi Model
Pbl-Poe Terhadap Prestasi Belajar Baik Aspek Kognitif, Afektif,
Psikomotor; (2) Ada Pengaruh Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar
Siswa; (3) Tidak Ada Pengaruh Kemampuan Inferensi Terhadap Prestasi
Belajar Siswa; (4) Tidak Ada Pengaruh Interaksi Model Pembelajaran
Dengan Kreativitas Kategori Tinggi Rendah Terhadap Prestasi Belajar
Siswa; (5) Ada Pengaruh Interaksi Model Pembelajaran Dengan Kemampuan
Inferensi Kategori Tinggi Rendah Terhadap Prestasi Belajar Siswa; (6)
Ada Pengaruh Interaksi Antara Kreativitas Dan Kemampuan Inferensi
Terhadap Prestasi Belajar Siswa; (7) Tidak Ada Pengaruh Integrasi Model
Pbl-Poe Dengan Kreativitas Siswa Dan Kemampuan Inferensi Terhadap
Prestasi Belajar Siswa.
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar