Home » Tesis Pend. Matematika » Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Dengan Lectora Authoring Tools Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp/Mts
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Dengan Lectora Authoring Tools Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp/Mts
Diposting oleh Unknown on Jumat, 12 Desember 2014
Penelitian Ini Bertujuan 1) Mendeskripsikan Proses Dan Hasil
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer
Menggunakan Lectora Authoring Tools Yang Valid, Praktis, Dan Efektif
Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dan Unsur-Unsurnya; 2) Mengetahui
Manakah Yang Memberikan Prestasi Belajar Lebih Baik, Pembelajaran Media
Menggunakan Media Interaktif Lectora Authoring Tools (Lat) Dengan
Pembelajaran Tanpa Mengguanakn Media.
Penelitian Ini Merupakan Penelitian Pengembangan. Pengembangan Dilakukan
Dengan Mengacu Pada Model 4-D Yang Ditemukan Oleh Thiagarajan Kemudian
Dimodifikasi Menjadi 3-D Meliputi Define (Pendifinisian), Design
(Perancangan), Dan Development (Pengembangan). Penilaian Produk
Dilakukan Oleh Satu Ahli Materi Yang Meliputi Aspek Kelengkapan Materi,
Aspek Kualitas Materi, Aspek Kualitas Bahasa Dan Aspek Kualitas Visual,
Satu Ahli Media Yang Meliputi Aspek Keterbacaan, Aspek Kualitas Gambar,
Aspek Keserasian, Aspek Kualitas Audio, Aspek Tat Letak Dan Aspek
Animasi. Empat Guru Dan Empat Teman Sejawat Yang Meliputi Aspek Isi Dan
Aspek Tampilan Media. Subjek Uji Coba Produk Adalah Siswa Kelas Viii
Smp Pgri Kasihan Bantul, Dengan Rincian 15 Siswa Untuk Uji Coba
Terbatas, Dan 30 Siswa Untuk Uji Coba Lapangan. Pengumpulan Data
Dilakukan Dengan Menggunakan Angket, Lembar Observasi, Dan Tes Prestasi
Belajar. Untuk Melihat Efektivitas Media Lat Menggunakan Uji
Keseimbangan Menggunakan Uji-T, Dengan Diperoleh Kesimpulan Bahwa
Kelompok Eksperimen Dan Kelompok Control Dalam Keadaan Seimbang. Uji
Prasyarat Meliputi Uji Normalitas Dengan Menggunakan Metode Uji
Lilliefors Dan Uji Homogenitas Menggunakan Metode Bartlett. Dengan
Diperoleh Kesimpulan Bahwa Sampel Berasal Dari Populasi Yang
Berdistribusi Normal Dan Homogen.
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa: 1) Media Yang Dihasilkan Berupa
Compact Disk (Cd) Serta Media Yang Berekstensi Exe Yang Dapat Dijalankan
Disemua Operating System Komputer. Media Pembelajaran Ini Dikembangkan
Dengan Menggunakan Model Pengembangan Thiagarajan Yang Meliputi Define,
Design Dan Development. Adapun Hasil Dari Pengembangan Media
Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Menggunakan Lectora
Authoring Tools Menghasilkan Kualitas Pembelajaran Berdasarkan Aspek
Kevalidan, Praktis Dan Efektif. Aspek Tersebut Dinilai Berdasarkan Ahli
Materi , Ahli Media, Guru Matematika, Teman Sejawat, Dan Siswa. Dimana
Aspek Tersebut Menunjukkan Hasil Yang Sangat Baik Karena Media
Pembelajaran Yang Dikembangkan Mampu Menampilkan Materi Pembelajaran
Dengan Animasi Grafis Yang Mudah Dipahami; 2) Pembelajaran Yang
Menggunakan Media Lectora Memberikan Prestasi Yang Lebih Tinggi
Dibandingkan Dengan Pembelajaran Yang Tidak Menggunakan Media
Pembelajaran Interaktif Lectora Authoring Tools. Hal Ini Dibuktikan
Ditunjukkan Dengan Hasil Uji Hipotesis Pada Tes Prestasi Dari Dua Kelas,
Diperoleh Nilai Uji Thitung = 2,236 Dengan Nilai Ttabel =1,699,
Sedangkan Untuk Dk={T|T > 1.699} Dengan Demikian Thitung Dk, Yang
Artinya H0 Ditolak Jadi Dapat Disimpulkan Prestasi Hasil Tes Pada Kelas
Eksperimen Dengan Kelompok Kelas Kontrol Terjadi Perbedaan.Rerata
Pembelajaran Yang Berbantuan Media Berbasis Lectora Authoring Tools
Sebesar 77,78 Lebih Baik Dibandingkan Dengan Pembelajaran Yang Tidak
Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Rerata Sebesar 72, 38.
Label:
Tesis Pend. Matematika
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar