Home » Tesis Ilmu Keolahragaan » Pengaruh Media Animasi dan Simulasi Komputer Terhadap Prestasi Belajar pada Materi Kinematika Gerak Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Gaya Belajar di IKIP (Pembelajaran Pada Fisika Dasar Materi Kinematika Gerak)
Pengaruh Media Animasi dan Simulasi Komputer Terhadap Prestasi Belajar pada Materi Kinematika Gerak Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Gaya Belajar di IKIP (Pembelajaran Pada Fisika Dasar Materi Kinematika Gerak)
Diposting oleh Unknown on Rabu, 10 Desember 2014
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Animasi
dan Simulasi Komputer ditinjau dari kemampuan matematika dan gaya
belajar, dan interaksinya terhadap prestasi belajar Fisika.
Penelitian menggunakan metode eksperimen dan dilakukan pada bulan
September 2012-Desember 2013. Populasi dari penelitian ini adalah
mahasiswa Pendidikan TIK semester I IKIP PGRI Pontianak Provinsi
Kalimantan Barat tahun akademik 2012/2013. Penentuan sampel menggunakan
teknik Cluster Random Sampling, sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A
Pagi dan B Pagi. Kelas A pagi menggunakan media Animasi dan kelas B
Pagi menggunakan media Simulasi komputer. Data prestasi belajar diambil
menggunakan instrumen tes kognitif, kemampuan matematika dan gaya
belajar menggunakan angket, serta afektif dan psikomotorik menggunakan
lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah anava tiga jalan
dengan desain faktorial 2x2x2 dan dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh pembelajaran dengan
penggunaan media Animasi dan Simulasi Komputer terhadap prestasi belajar
kognitif, afektif, dan psikomotorik; 2) ada pengaruh kemampuan
matematika kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar
kognitif, afektif dan psikomotorik; 3) tidak ada pengaruh gaya belajar
visual dan kinestetik terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan
psikomotorik; 4) tidak terdapat interaksi antara media Animasi dan
Simulasi Komputer dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar
kognitif, afektif dan psikomotorik; 5) terdapat interaksi antara media
Animasi dan Simulasi Komputer dengan gaya belajar terhadap prestasi
belajar kognitif, tetapi tidak terdapat interaksi terhadap prestasi
belajar afektif dan psikomotorik; 6) tidak terdapat interaksi antara
kemampuan matematika dan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif
dan afektif, psikomotorik; 7) tidak terdapat interaksi antara media
Animasi dan media Simulasi Komputer dengan kemampuan matematika dan gaya
belajar terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Label:
Tesis Ilmu Keolahragaan
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar