Home » Tesis Bahasa Indonesia » Hubungan antara kecerdasan emosional dan penguasaan struktur kalimat dengan kemampuan menulis eksposisi (survei di SMP Negeri
Hubungan antara kecerdasan emosional dan penguasaan struktur kalimat dengan kemampuan menulis eksposisi (survei di SMP Negeri
Diposting oleh Unknown on Kamis, 08 Januari 2015
Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya hubungan antara (1)
kecerdasan emosional dan kemampuan menulis eksposisi, (2) penguasaan
struktur kalimat dan kemampuan menulis eksposisi, (3) kecerdasan
emosional dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama dengan
kemampuan menulis eksposisi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Kecamatan Jekulo Kabupaten
Kudus Januari sampai dengan Juni 2009. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Jekulo Kudus. Sampel
berjumlah 80 siswa yang diambil dengan cara simple random sampling.
Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan menulis
eksposisi, angket kecerdasan emosional, dan tes penguasaan struktur
kalimat. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi dan korelasi
(sederhana, ganda).
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif yang
signifikan antara kecerdasan emosional (ry.1 = 0,74 pada taraf nyata =
0,05 dengan n = 80 hasilnya rt = 1,66), (2) ada hubungan positif yang
signifikan antara penguasaan struktur kalimat dan kemampuan menulis
eksposisi (ry.2 = 0,79) pada taraf nyata = 0,05 dengan n = 80 hasilnya
rt =11,38), (3) ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan
emosional dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama dengan
kemampuan menulis eksposisi (Ry.12 = 0,837 pada taraf nyata = 0,05
dengan n = 80 hasilnya adalah Ft = 3,12). Pada uji signifikansi
koefisien regresi ganda Y atas X1X2 menghasilkan t1 = 2,37, t2 = 5,57.
Dari daftar distribusi t dengan dk 77 ( = 0,05) diperoleh tt sebesar
1,66 yang ternyata t1 > tt dan t2 > tt. Ini berarti koefisien
regresi yang berkaitan dengan X1X2 signifikan.
Dari hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa secara bersama-sama
kecerdasan emosional dan penguasaan struktur kalimat memberikan
sumbangan yang berarti kepada kemampuan menulis eksposisi (70,05 %). Ini
menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi prediktor yang
baik bagi kemampuan menulis eksposisi. Hasil penelitian ini juga
mengindikasikan bahwa guru yang mengajar pelajaran bahasa Indonesia
perlu lebih memprioritaskan aspek penguasaan struktur kalimat untuk
meningkatkan kemampuan menulis eksposisi dibandingkan dengan aspek
kecerdasan emosional.
Label:
Tesis Bahasa Indonesia
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar