Home » Tesis Teknologi. Pendidikan » Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran ohp dan komputer menggunakan program power point terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari motivasi belajar siswa klas XII Sekolah Menegah Atas Negeri di kecamatan
Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran ohp dan komputer menggunakan program power point terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari motivasi belajar siswa klas XII Sekolah Menegah Atas Negeri di kecamatan
Diposting oleh Unknown on Kamis, 08 Januari 2015
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat
perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan siswa
yang memiliki motivasi rendah terhadap prestasi fisika. (2) Apakah
terdapat perbedaan pengaruh antara pemanfaatan media pembelajaran OHP
dengan pemanfaatan media pembelajaran komputer menggunakan program power
point terhadap prestasi belajar fisika. (3) Apakah terdapat pengaruh
interaksi media pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar
fisika.
Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Wonosari sebagai kelompok kontrol
dan SMA 2 Wonosari Gunungkidul kelompok eksperimen klas XII tahun
pelajaran 2008/2009.Jenis Penelitian ini adalah eksperimen sedangkan
desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2 x 2 dengan
teknik analisis varian (ANAVA) 2 jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh antara
pemanfaatan media OHP dan komputer (menggunakan program power point)
terhadap prestasi belajar fisika. (2) Ada perbedaan pengaruh antara
kelompok siswa yang motivasinya tinggi jika dibandingkan dengan kelompok
siswa yang motivasinya rendah. (3) Ada pengaruh interaksi pemanfaatan
media pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar fisika. Dari
uji lanjut diperoleh bahwa siswa motivasi tinggi menggunakan komputer
sama baiknya dengan siswa motivasi rendah media komputer, motivasi
tinggi menggunakan komputer sama baiknya dengan siswa motivasi tinggi
media OHP, juga siswa motivasi tinggi dengan menggunakan media OHP sama
baiknya dengan siswa motivasi rendah media komputer. Tetapi siswa
motivasi tinggi menggunakan komputer lebih baik dengan siswa motivasi
rendah media OHP, motivasi rendah menggunakan komputer lebih baik dengan
siswa motivasi rendah media OHP, juga siswa motivasi tinggi dengan
menggunakan media OHP lebih baik dengan siswa motivasi rendah
menggunakan media OHP.
Label:
Tesis Teknologi. Pendidikan
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar