Home » Tesis Kedokteran Keluarga » Hubungan antara Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar dengan Kompetensi Ketrampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK) Mahasiswa Tingkat I Akademi Kebidanan
Hubungan antara Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar dengan Kompetensi Ketrampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK) Mahasiswa Tingkat I Akademi Kebidanan
Diposting oleh Unknown on Kamis, 08 Januari 2015
Pendidikan tinggi merupakan sistem pendidikan yang mengharapkan hasil
bersifat aplikasi.Mengantisipasi tingkat kebutuhan masyarakat,
diperlukan tenaga kesehatan khususnya bidan yang berkualitas. Setelah
mahasiswa dinyatakan lulus pembelajaran di kelas, maka mahasiswa siap
diterjunkan dilahan praktek, untuk melaksanakan praktek klinik. Untuk
mengetahui keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya diukur dari
prestasi belajar namun juga dilihat dari ketrampilan yang ditunjukan
dari kompetensi praktek klinik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar dengan kompetensi
ketrampilan dasar praktek klinik (KDPK) mahasiswa tingkat I Akademi
Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga .Desain penelitian ini adalah
penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional.Dilaksanakan pada
Oktober 2010 di Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.Variabel
independent penelitian ini adalah : Motivasi belajar dan Prestasi
Belajar. Variabel dependennya Kompetensi ketrampilan dasar praktek
klinik (KDPK). Populasi penelitian ini adalah 50 mahasiwa, sampel 50
mahasiswa dengan tehnik non random sampling yaitu purposive sampling.
Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, soal test, dan lembar
observasi.Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi
berganda dengan α = 0,05. Ujinormalitas sebagai uji pra syarat.Hasil
penelitian ini mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prestasi
belajar dengan kompetensi ketrampilan praktek klinik (KDPK). Dengan
nilai koefisiensi regresi 0.137 dan 1.648 (t = 3.305 dan 3.791), nilai
R2 = 0.395dan nilai F= 15.370 signifikansi = 0.000< 0.05 artinya
sebesar 39,5% variabel kompetesi(KDPK) dijelaskan oleh variabel motivasi
belajar dan prestasi belajar, sisanya 60,5% ditentukan oleh faktor lain
.Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang
signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar dengan
ketrampilan dasar praktek klinik (KDPK) .Dari hasil penelitian
disarankan kepada pendidik untuk mengembangkan strategi belajar dalam
rangka meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar sehingga
secara tidak langsung meningkatkan kompetensi ketrampilan dasar praktek
klinik mahasiswa.
Label:
Tesis Kedokteran Keluarga
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar