Home » Tesis Teknologi. Pendidikan » Pelaksanaan pembelajaran quantum di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Magetan
Pelaksanaan pembelajaran quantum di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Magetan
Diposting oleh Unknown on Kamis, 08 Januari 2015
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran
quantum utamanya dalam hal langkah-langkah pembelajarannya, upaya
mengatasi masalah yang timbul, faktor pendukung serta manfaat
pembelajaran itu. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Magetan
dengan subyek penelitian adalah guru-guru dalam melaksanakan
pembelajaran quantum.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan
model analisis interaktif. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti
menggunakan triangulasi model dan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran quantum yang
dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Magetan langkah-langkahnya sesuai
dengan TANDUR dalam pembelajaran quantum, dalam pelaksanaan
pembelajaran quantum yang berlangsung ada beberapa masalah yang dihadapi
oleh guru, diantaranya jam mengajar guru yang padat, dinas pendidikan
yang kurang memahami pembelajaran quantum, belum adanya team khusus,
terbatasnya media dan alat pembelajaran serta keadaan ruang kelas yang
kurang luas. Manfaat dari pembelajaran quantum yang dilaksanakan adalah
melejitkan potensi yang dimiliki oleh siswa serta bertambahnya
kemampuan para guru dalam mengajar.
Berkaitan dengan kendala diatas, maka upaya yang dilakukan oleh guru
maupun sekolah guna mendukung pembelajaran quantum adalah guru dalam
satu minggu pertemuan mengambil 1 atau 2 jam pelajaran dengan
menggunakan pembelajaran quantum, selain juga mengkolaborasikan
pembelajaran quantum dengan pembelajaran yang lain. Menyiapkan program
pembelajaran yang disimpan dalam CD yang dapat digunakan sewaktu-waktu
oleh guru, guna meringankan pekerjaan administrasi guru dan memenuhi
tuntutan ketika ada pemeriksaan dari dinas pendidikan. Memaksimalkan
potensi guru dalam hal menyiapkan sumber pembelajaran serta media yang
dibutuhkan, selain itu juga menyediakan kebutuhan guru yang berkaitan
dengan kertas serta memberikan kemudahan dalam menggunakan fasilitas
yang ada. Temuan penelitian mengandung implikasi bahwa pelaksanaan
pembelajaran quantum harus didukung semua pihak, termasuk didalamnya
pengadaan fasilitas yang kurang, pelatihan guru sebagai sarana
meng-upgrade skill serta perlunya pembinaan untuk meningkatkan kemampuan
guru dalam pembelajaran.
Label:
Tesis Teknologi. Pendidikan
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar