Home » Tesis Teknologi. Pendidikan » Perbedaan pegaruh metode pembelajaran eksperimen model seqip dan konvensional terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari kreativitas siswa ( Eksperimen terhadap Siswa SD Kecamatan
Perbedaan pegaruh metode pembelajaran eksperimen model seqip dan konvensional terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari kreativitas siswa ( Eksperimen terhadap Siswa SD Kecamatan
Diposting oleh Unknown on Kamis, 08 Januari 2015
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya
Perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran eksperimen model SEQIP
dengan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA, (2)
Ada tidaknya Perbedaan pengaruh antara siswa yang kreativitasnya tinggi
dengan siswa yang kreativitasnya rendah terhadap hasil belajar IPA, dan
(3) Ada tidaknya Interaksi pengaruh antara penggunaan metode
pembelajaran eksperimen model SEQIP dengan metode pembelajaran
konvensional serta dengan hasil belajar IPA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di
Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri yangtersebar di sebanyak 41 SD..
Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive random
sampling, sebanyak 60 siswa, terdiri dari 30 siswa untuk kelompok
eksperimen dengan metode pembelajaran SEQIP dan 30 siswa untuk kelompok
kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode tes untuk variabel kreativitas belajar siswa dan
untuk mengetahui hasil belajar IPA. Teknik analisis data menggunakan
analisis variansi dua jalan, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan
analisis dengan uji normalitas yaitu dengan kolmogorov smirnov test dan
uji homogenitas dengan menggunakan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Terdapat perbedaan
pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran eksperimen model
SEQIP dengan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA
kelas V SD di Kecamatan Ngadirojo Wonogiri (F hitung > F tabel atau
14,85 > 4,02), (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara
kreatifitas siswa dengan Hasil belajar IPA kelas V SD di Kecamatan
Ngadirojo Wonogiri (F hitung > F tabel atau 35,59 > 4,02), dan 3)
Terdapat interaksi pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran
eksperimen model SEQIP dengan metode pembelajaran konvensional dan
kreatifitas siswa terhadap hasil belajar IPA kelas V SD di Kecamatan
Ngadirojo Wonogiri (F hitung > F tabel atau 5,18 > 4,02).
Label:
Tesis Teknologi. Pendidikan
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar