Home » Tesis Teknologi. Pendidikan » Pengaruh penggunaan media pembelajaran model dan gambar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan alam ditinjau dari minat belajar siswa (studi komparasi pada siswa kelas V SDN Gugus 02
Pengaruh penggunaan media pembelajaran model dan gambar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan alam ditinjau dari minat belajar siswa (studi komparasi pada siswa kelas V SDN Gugus 02
Diposting oleh Unknown on Kamis, 08 Januari 2015
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan pengaruh yang
signifikan penggunaan media pembelajaran Model dan Gambar terhadap
prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa SDN
Gugus 02 Kecamatan Ngawi. (2) Perbedaan pengaruh yang signifikan Minat
belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
(3) Interaksi pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran dan
Minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam.
Penelitian dilaksanakan di SDN Gugus 02 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi
Tahun Pelajaran 2008/2009. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode eksperimen dengan rancangan/desain faktorial 2 x 2. Populasi
penelitian adalah Siswa kelas V SDN Gugus 02 Kecamatan Ngawi. Teknik
Sampling yang digunakan adalah Multi stage purposive cluster random
sampling. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa terdiri dari 30 siswa
kelompok Eksperimen dan 30 siswa kelompok Kontrol. Instrumen yang
digunakan adalah Angket minat belajar dan Tes hasil belajar. Validitas
instrumen untuk Angket diuji dengan teknik korelasi Product moment dan
reliabilitas angket dengan teknik korelasi Spearman Brown. Untuk uji
validitas tes dengan Tingkat kesukaran, Daya beda, dan korelasi
Pointbiserial. Reliabilitas Tes dengan teknik korelasi Spearman
Brown.Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA)
yang dilanjutkan dengan uji Schefee.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan
antara penggunaan Media Pembelajaran Model dengan Media Gambar terhadap
prestasi belajar mata pelajaran IPA. (Fa.obs = 9,48 dan Ftabel = 4,00.
Fa.obs > Ftabel). Berdasarkan nilai rataan yang diperoleh :
penggunaan media Model 7,41 dan media Gambar 6,7 ( 7,41 > 6,7 ),
maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang diberi pelajaran dengan media
Model prestasi belajarnya lebih baik dari pada siswa yang diberi
pelajaran menggunakan media Gambar. (2) Ada perbedaan pengaruh yang
signifikan antara Siswa yang memiliki Minat Belajar Tinggi dengan Siswa
yang memiliki Minat Belajar Rendah. (Fb.obs = 18,45 dan Ftabel = 4,00.
Fb.obs > Ftabel). Berdasarkan nilai rataan yang diperoleh : Minat
belajar Tinggi 7,1 dan Minat belajar rendah 6,3 ( 7,1 > 6,3 ), maka
dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki minat belajar tinggi
prestasi belajarnya lebih baik dari pada siswa yang memiliki minat
belajar rendah. (3) Ada interaksi pengaruh yang signifikan antara
penggunaan Media Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa terhadap prestasi
belajar mata pelajaran IPA. (Fab.obs = 11,13 dan Ftabel = 4,00. Karena
Fab.obs > Ftabel).
Label:
Tesis Teknologi. Pendidikan
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar