Home » Tesis Teknologi. Pendidikan » erbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran quantum learning dan cooperative learning terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kreativitas siswa ( eksperimen pada siswa sd negeri gugus
erbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran quantum learning dan cooperative learning terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kreativitas siswa ( eksperimen pada siswa sd negeri gugus
Diposting oleh Unknown on Kamis, 08 Januari 2015
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya
perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran
kontekstual terhadap prestasi belajar IPS siswa, (2) Ada tidaknya
perbedaan pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap
prestasi belajar IPS siswa, dan (3) Ada tidaknya interaksi pengaruh yang
signifikan antara pendekatan pembelajaran dengan minat belajar terhadap
prestasi belajar IPS siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar
(SD) Negeri di Gugus Hayam Wuruk Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri
sebanyak tujuh sekolah. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan
teknik cluster random sampling, sebanyak 60 siswa, terdiri dari 30 siswa
untuk kelompok eksperimen dan 30 siswa untuk kelompok kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel minat belajar
siswa dan tes untuk mengetahui prestasi belajar IPS. Teknik analisis
data menggunakan analisis variansi dua jalan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Ada perbedaan
pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran kontekstual
terhadap prestasi belajar IPS siswa (F hitung > F tabel atau 12,9
> 4,02), (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara minat
belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa (F hitung > F tabel atau
16,58 > 4,02), dan 3) Ada interaksi pengaruh yang signifikan antara
pendekatan pembelajaran dengan minat belajar terhadap prestasi belajar
IPS siswa (F hitung > F tabel atau 11,03 > 4,02).
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru mampu memilih
pendekatan pembelajaran yang efektif, yang selalu melibatkan siswa
secara aktif sehingga materi pelajaran akan mudah diterima oleh siswa.
Serta Guru harus mampu mengelola kelas dengan baik, dan pembelajaran
yang diberikan mampu menarik perhatian siswa sehingga siswa selalu
berminat mempelajari materi yang diberikan
Label:
Tesis Teknologi. Pendidikan
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar