Home » Skripsi Tarbiyah » Aplikasi Metode Beyond Centers And Circles Time (BCCT) dalam Pembelajaran Materi Imtak di Playgroup
Aplikasi Metode Beyond Centers And Circles Time (BCCT) dalam Pembelajaran Materi Imtak di Playgroup
Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan
Metode Beyond Centers And Circles Time (BCCT) Dalam Pembelajaran Materi
Imtak Di Playgroup Masyithoh Kaliwungu Kendal (2) Bagaimana proses
pembelajaran dan hasil belajar peserta didik di Playgroup Masyithoh
Kaliwungu Kendal Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan
field research atau penelitian lapangan dengan teknik analisis data
secara deskriptif kualitatif. Peneliti langsung terjun ke lapangan,
tempat penelitian melihat keadaan disana kemudian memperoleh berbagai
informasi dan data-data yang dibutuhkan. Kemudian data-data yang telah
terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan
induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Beyond Centers
And Circles Time (BCCT) Dalam Pembelajaran Materi Imtak Di Playgroup
Masyithoh Kaliwungu Kendal telah direalisasikan dengan baik dalam bentuk
pembelajaran di sentra Imtak (agama) yang diintegrasikan ke sentra
lainnya. Proses pembelajaran dengan menggunakan empat pijakan yaitu
pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan
setelah main. Yang mana dalam kegiatan bermain harus mencakup tiga jenis
main yaitu main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan.
Prestasi hasil belajar peserta didik di Playgroup Masyithoh terbilang
baik, hal ini bisa dilihat dari kemampuan anak menerapkan materi Imtak
yang diajarkan seperti: tahfidz surat-surat pendek, hafalan hadist
kebersihan, doa sehari-hari, aqidah, akhlak, dan praktek ibadah. Materi
imtak tersebut dilakukan setiap hari oleh anak dengan menggunakan metode
bermain, bercerita, bernyanyi, keteladanan, pembiasaan dan demonstrasi.
Materi Imtak tersebut diajarkan secara langsung dengan menghadirkan
dunia nyata pada anak, sehingga anak tidak sekedar mendengarkan materi
yang disampaikan tetapi anak juga mengalaminya. Berdasarkan hasil
penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi
para mahasiswa, para pendidik dan pengasuh anak usia dini, para
peneliti serta semua pihak yang membutuhkan di lingkungan
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar