Korelasi Antara Akhlak Siswa dengan Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Kepramukaan Kelas X MA

Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014

Skripsi ini membahas korelasi antara akhlak siswa dengan pemahaman nilainilai pendidikan kepramukaan kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Kajiannya di latarbelakangi oleh akhlak akan terbentuk apabila nilai-nilai pendidikan kepramukaan dapat di pahami, dihayati, dan diamalkan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana hubungan antara akhlak siswa dengan pemahaman nilai-nilai pendidikan kepramukaan kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 38 siswa diambil dari 25% jumlah populasinya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket untuk memperoleh data variabel (X) akhlak siswa dan menggunakan metode tes tertulis untuk memperoleh data variabel (Y) pemahaman nilai-nilai pendidikan kepramukaan. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Akhlak siswa kelas X Sunan katong Kaliwungu dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 62,86 yaitu terdapat antara interval (60-64) dan nilai tersebut termasuk cukup. Sedangkan tingkat pemahaman nilai-nilai pendidikan kepramukaan siswa kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 58.84 yaitu terdapat antara interval (54-62) dan nilai tersebut termasuk kategori cukup. Sedangkan analisis kuantitatif dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi diketahui bahwa korelasi antara akhlak siswa dengan pemahaman nilai- nilai pendidikan kepramukaan pada taraf signifikan 5% dengan N = 38 diperoleh r observasi = 0,467 sedangkan r tabel = 0,320, maka ro > rt berarti signifikan. Pada taraf 1% dengan N = 38 diperoleh r observasi = 0,467 dan r tabel = 0,413 maka ro > rt berarti signifikan. Dengan demikian ro (observasi) lebih besar daripada rt (r dalam tabel), ini berarti hasilnya adalah signifikan dan ada korelasi (ada hubungan yang positif) antara kedua variabel tersebut. Artinya adanya hubungan yang positif antara akhlak siswa dengan pemahaman nilai-nilai pendidikan kepramukaan kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan progam studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar