Home » Skripsi Tarbiyah » Korelasi Antara Akhlak Siswa dengan Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Kepramukaan Kelas X MA
Korelasi Antara Akhlak Siswa dengan Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Kepramukaan Kelas X MA
Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014
Skripsi ini membahas korelasi antara akhlak siswa dengan pemahaman
nilainilai pendidikan kepramukaan kelas X MA NU 03 Sunan Katong
Kaliwungu Kendal. Kajiannya di latarbelakangi oleh akhlak akan terbentuk
apabila nilai-nilai pendidikan kepramukaan dapat di pahami, dihayati,
dan diamalkan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan
bagaimana hubungan antara akhlak siswa dengan pemahaman nilai-nilai
pendidikan kepramukaan kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Jenis
penelitian ini adalah penelitian korelasi lapangan. Penelitian ini
merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 38 siswa
diambil dari 25% jumlah populasinya. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode angket untuk memperoleh data variabel (X) akhlak
siswa dan menggunakan metode tes tertulis untuk memperoleh data variabel
(Y) pemahaman nilai-nilai pendidikan kepramukaan. Data penelitian yang
terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik
inferensial, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis
korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Akhlak
siswa kelas X Sunan katong Kaliwungu dalam kategori cukup. Hal ini dapat
dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 62,86 yaitu
terdapat antara interval (60-64) dan nilai tersebut termasuk cukup.
Sedangkan tingkat pemahaman nilai-nilai pendidikan kepramukaan siswa
kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dalam kategori cukup. Hal ini
dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 58.84
yaitu terdapat antara interval (54-62) dan nilai tersebut termasuk
kategori cukup. Sedangkan analisis kuantitatif dari hasil penelitian
menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi diketahui bahwa korelasi
antara akhlak siswa dengan pemahaman nilai- nilai pendidikan kepramukaan
pada taraf signifikan 5% dengan N = 38 diperoleh r observasi = 0,467
sedangkan r tabel = 0,320, maka ro > rt berarti signifikan. Pada
taraf 1% dengan N = 38 diperoleh r observasi = 0,467 dan r tabel = 0,413
maka ro > rt berarti signifikan. Dengan demikian ro (observasi)
lebih besar daripada rt (r dalam tabel), ini berarti hasilnya adalah
signifikan dan ada korelasi (ada hubungan yang positif) antara kedua
variabel tersebut. Artinya adanya hubungan yang positif antara akhlak
siswa dengan pemahaman nilai-nilai pendidikan kepramukaan kelas X MA NU
03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Berdasarkan hasil penelitian
diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas
akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan
progam studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam
memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi
berprestasi secara lebih memadai.
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar