Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Sistem Moving Class (Studi Kasus di SMP Negeri

Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014

Penelitian ini di latarbelakangi karena SMP Negeri 3 Semarang menggunakan sistem belajar yang berbeda dengan sekolah-sekolah lain, yaitu menggunakan sistem moving class. Dengan dilaksanakannya moving class, diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Semarang dengan sistem moving class, Untuk mengetahui motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Semarang, Untuk mengetahui prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Semarang, dan Untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan sistem moving class. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif lapangan. Pendekatan penelitian ini yaitu dengan studi kasus. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini, metode analisis data yang akan digunakan dalam membahas masalah-masalah yaitu dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik triangulasi. Hasil penelitiannya yaitu 1) SMP Negeri 3 Semarang sudah melaksanakan sistem moving class. Sistem pembelajaran Moving Class mempunyai ciri khas guru mempunyai kelas pribadi sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, Dengan perpindahan kelas siswa merasa lebih fresh dan tidak mudah bosan dalam menerima pelajaran yang diajarkan oleh guru. Begitu juga dengan guru, dengan diadakannya moving class di SMP Negeri 3 Semarang, guru mata pelajaran di SMP Negeri 3 Semarang sangat diuntungkan, karena tidak perlu pindah dari kelas satu ke kelas yang lain. 2) Kendala-kendala dalam Moving Class yaitu kelas harus banyak, fasilitas harus lengkap dan media belajar kelas harus memadai, kebersihan kelas harus terjaga, tepat waktu saat berpindah dan siswa harus sehat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar