Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII MTs

Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014

Skripsi ini membahas tentang persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap sikap sosial siswa. Kajiannya dilatar belakangi oleh kompetensi sosial guru yang mempengaruhi sikap sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs Al-Irsyad Gajah-Demak Tahun 2011/2012 2) Sikap Sosial Peserta Didik MTs Al-Irsyad Gajah-Demak Tahun 2011/2012 3) Ada Tidaknya Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Irsyad Gajah-Demak Tahun 2011/2012 Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berjenis kuantitatif dengan teknik korelasional, sehingga dalam menganalisis datanya digunakan analisis dengan statistik product moment dengan teknik korelasional. Subjek penelitian sebanyak 45 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi Data yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada perhitungan angka-angka atau statistic dari suatu variable untuk dapat dikaji secara terpisah dan kemudian dihubungkan. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs Al-Irsyad Gajah-Demak Tahun 2011/2012 diperoleh nilai rata-rata 48,578. Dari nilai mean tersebut berarti bahwa persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru Akidah akhlak berada dalam klasifikasi berkategori cukup, yaitu berada pada interval 47-50. (2) Sikap Sosial Peserta Didik MTs Al- Irsyad Gajah-Demak Tahun 2011/2012, diperoleh nilai rata-rata 48,667. Dari nilai mean tersebut berarti bahwa sikap social peserta didik berada dalam klasifikasi berkategori cukup, yaitu berada pada interval 48,667. (3) terdapat pengaruh yang positif antara Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Irsyad Gajah- Demak Tahun 2011/2012, ditunjukkan bahwa rxy (indek korelasi variable x dan y) = 0,694, sedangkan nilai rtabel = 0,294 taraf signifikan 5% diperoleh 0,294. Dengan demikian rxy= 0,694 > rt= 0,294 dan pada taraf 1% diperoleh nilai pada table rt = 0,380 dengan demikian rxy = 0,694 > rt = 0,380. Hal ini menunjukkan korelasi yang kuat diantar dua variabel. Bahwa semakin tinggi persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru Akidah Akhlak maka sikap sosial peserta didik semakin baik dan sebaliknya semakin rendah persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru Akidah Akhlak maka sikap sosial peserta didik semakin rendah pula Berdasarkan hasil dari penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi bagi sekolah, peserta didik, orang tua, dan terutama pendidik untuk meningkatkan kompetensi social guru dan sikap social peserta didik semakin meningkat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar