Home » Skripsi Tarbiyah » Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII MTs
Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII MTs
Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014
Skripsi ini membahas tentang persepsi peserta didik tentang kompetensi
sosial guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap sikap sosial siswa.
Kajiannya dilatar belakangi oleh kompetensi sosial guru yang
mempengaruhi sikap sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: 1) Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru
Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs Al-Irsyad Gajah-Demak Tahun 2011/2012
2) Sikap Sosial Peserta Didik MTs Al-Irsyad Gajah-Demak Tahun 2011/2012
3) Ada Tidaknya Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi
Sosial Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Sikap Sosial Peserta
Didik Kelas VIII MTs Al-Irsyad Gajah-Demak Tahun 2011/2012 Penelitian
ini adalah penelitian lapangan yang berjenis kuantitatif dengan teknik
korelasional, sehingga dalam menganalisis datanya digunakan analisis
dengan statistik product moment dengan teknik korelasional. Subjek
penelitian sebanyak 45 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan
metode angket dan metode dokumentasi Data yang terkumpul dianalisis
dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada
perhitungan angka-angka atau statistic dari suatu variable untuk dapat
dikaji secara terpisah dan kemudian dihubungkan. Pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa (1) Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Sosial
Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs Al-Irsyad Gajah-Demak Tahun
2011/2012 diperoleh nilai rata-rata 48,578. Dari nilai mean tersebut
berarti bahwa persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru
Akidah akhlak berada dalam klasifikasi berkategori cukup, yaitu berada
pada interval 47-50. (2) Sikap Sosial Peserta Didik MTs Al- Irsyad
Gajah-Demak Tahun 2011/2012, diperoleh nilai rata-rata 48,667. Dari
nilai mean tersebut berarti bahwa sikap social peserta didik berada
dalam klasifikasi berkategori cukup, yaitu berada pada interval 48,667.
(3) terdapat pengaruh yang positif antara Pengaruh Persepsi Peserta
Didik Tentang Kompetensi Sosial Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Irsyad Gajah-
Demak Tahun 2011/2012, ditunjukkan bahwa rxy (indek korelasi variable x
dan y) = 0,694, sedangkan nilai rtabel = 0,294 taraf signifikan 5%
diperoleh 0,294. Dengan demikian rxy= 0,694 > rt= 0,294 dan pada
taraf 1% diperoleh nilai pada table rt = 0,380 dengan demikian rxy =
0,694 > rt = 0,380. Hal ini menunjukkan korelasi yang kuat diantar
dua variabel. Bahwa semakin tinggi persepsi peserta didik tentang
kompetensi sosial guru Akidah Akhlak maka sikap sosial peserta didik
semakin baik dan sebaliknya semakin rendah persepsi peserta didik
tentang kompetensi sosial guru Akidah Akhlak maka sikap sosial peserta
didik semakin rendah pula Berdasarkan hasil dari penelitian ini
diharapkan akan menjadi bahan informasi bagi sekolah, peserta didik,
orang tua, dan terutama pendidik untuk meningkatkan kompetensi social
guru dan sikap social peserta didik semakin meningkat.
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar