Pengaruh Tingkat Pengamalan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII di SMP Negeri

Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014

Skripsi ini membahas tentang pengaruh tingkat pengamalan Asmaul Husna terhadap perilaku sosial siswa di SMP Negeri 31 Semarang. Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan-kegiatan siswa yang beragam, yang ada di lingkungan sekolah terebut. Salah satu di antara kegiatan tersebut yaitu adanya rutinitas pembacaan Asmaul Husna oleh seluruh siswa, guru, dan staf sekolah yang beragama Islam yang akan memberikan pengaruh kepada perilaku setiap orang yang membacanya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana tingkat pengamalan Asmaul Husna di SMP Negeri 31 Semarang tahun ajaran 2011/2012? (2) bagaimana perilaku sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 31 Semarang tahun ajaran 2011/2012? (3) adakah pengaruh antara tingkat pengamalan Asmaul Husna terhadap perilaku sosial siswa di SMP Negeri 31 Semarang tahun ajaran 2011/2012? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Populasi penelitian sebanyak 237 siswa dan yang menjadi sampel sebanyak 59 responden, menggunakan teknik Area sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan wawancara. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis satatistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pengamalan Asmaul Husna pada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang mempunyai nilai yang baik yaitu rata-rata nilainya adalah 79,67. (2) Perilaku sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang mempunyai nilai yang baik yaitu rata-rata nilainya adalah 80,33. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pengamalan Asmaul Husna terhadap perilaku sosial siswa, Berdasarkan perhitungan diperoleh harga Fhitung = 5,132 untuk X dan Y. Harga ini dikonsultasikan dengan dk pembilang = 1 dan dk pembagi = 57 dan taraf signifikansi 5 % diperoleh Ftabel = 4,010. Karena Fhitung ≥ Ftabel maka Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pengamalan Asmaul Husna terhadap perilaku sosial. Koefisien korelasi yang diperoleh r = 0,287 pada taraf signifikan 5 % = 0,254 dan koefisien determinasi r2 =0,083. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh tingkat pengamalan Asmaul Husna terhadap perilaku sosial siswa sebesar 8,3 % variasi skor perilaku sosial siswa dipengaruhi oleh tingkat pengamalan Asmaul Husna melalui fungsi taksiran yang berbentuk Ŷ = 66,649 + 0,190X. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi sumber informasi dan masukan bagi para civitas akademika, mahasiswa, tenaga pengajar mata kuliah jurusan di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo dan seluruh lapisan masyarakat agar senantiasa membiasakan berdzikir atau mengingat Allah salah satunya dengan menyebut Asma‟-asma‟ Allah yang terkandung dalam bacaan Asmaul Husna sehingga dapat menumbuh kembangkan perilaku sosial, dan berakhlakul karimah seperti akhlak Rasullullah Saw.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar