Home » Skripsi Tarbiyah » Pengaruh Tingkat Pengamalan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII di SMP Negeri
Pengaruh Tingkat Pengamalan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII di SMP Negeri
Diposting oleh Unknown on Senin, 06 Oktober 2014
Skripsi ini membahas tentang pengaruh tingkat pengamalan Asmaul Husna
terhadap perilaku sosial siswa di SMP Negeri 31 Semarang. Kajian
penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan-kegiatan siswa yang
beragam, yang ada di lingkungan sekolah terebut. Salah satu di antara
kegiatan tersebut yaitu adanya rutinitas pembacaan Asmaul Husna oleh
seluruh siswa, guru, dan staf sekolah yang beragama Islam yang akan
memberikan pengaruh kepada perilaku setiap orang yang membacanya.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana
tingkat pengamalan Asmaul Husna di SMP Negeri 31 Semarang tahun ajaran
2011/2012? (2) bagaimana perilaku sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri
31 Semarang tahun ajaran 2011/2012? (3) adakah pengaruh antara tingkat
pengamalan Asmaul Husna terhadap perilaku sosial siswa di SMP Negeri 31
Semarang tahun ajaran 2011/2012? Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Populasi penelitian sebanyak
237 siswa dan yang menjadi sampel sebanyak 59 responden, menggunakan
teknik Area sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket,
dokumentasi dan wawancara. Data penelitian yang terkumpul dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis satatistik inferensial. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pengamalan Asmaul Husna pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang mempunyai nilai yang baik yaitu
rata-rata nilainya adalah 79,67. (2) Perilaku sosial siswa kelas VIII
SMP Negeri 31 Semarang mempunyai nilai yang baik yaitu rata-rata
nilainya adalah 80,33. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara tingkat
pengamalan Asmaul Husna terhadap perilaku sosial siswa, Berdasarkan
perhitungan diperoleh harga Fhitung = 5,132 untuk X dan Y. Harga ini
dikonsultasikan dengan dk pembilang = 1 dan dk pembagi = 57 dan taraf
signifikansi 5 % diperoleh Ftabel = 4,010. Karena Fhitung ≥ Ftabel maka
Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat
pengamalan Asmaul Husna terhadap perilaku sosial. Koefisien korelasi
yang diperoleh r = 0,287 pada taraf signifikan 5 % = 0,254 dan koefisien
determinasi r2 =0,083. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh tingkat
pengamalan Asmaul Husna terhadap perilaku sosial siswa sebesar 8,3 %
variasi skor perilaku sosial siswa dipengaruhi oleh tingkat pengamalan
Asmaul Husna melalui fungsi taksiran yang berbentuk Ŷ = 66,649 + 0,190X.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi sumber
informasi dan masukan bagi para civitas akademika, mahasiswa, tenaga
pengajar mata kuliah jurusan di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo dan
seluruh lapisan masyarakat agar senantiasa membiasakan berdzikir atau
mengingat Allah salah satunya dengan menyebut Asma‟-asma‟ Allah yang
terkandung dalam bacaan Asmaul Husna sehingga dapat menumbuh kembangkan
perilaku sosial, dan berakhlakul karimah seperti akhlak Rasullullah Saw.
Label:
Skripsi Tarbiyah
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar